Hidup Harmoni Bersama Alam

Poros Nusantara Utama (PNU), melalui salah satu unit bisnisnya yaitu Poros Nusantara Utama Jawa Barat (Poros Jabar) bersama anggota petani mengutamakan kehidupan yang harmoni bersama dengan alam sekitar tempat hidupnya.

Mengupayakan pengolahan alam secara alami tanpa memaksakan penggunaan pestisida dan tanpa pupuk kimia, sehingga akan menghasilkan produk bermutu yang sehat untuk dikonsumsi.

Poros Jabar merupakan badan usaha milik Perkumpulan Telapak yang beroperasi di teritorial Jawa Barat.

Sampai saat ini, Poros Jabar menjalani usahanya dengan bekerjasama dengan kelompok-kelompok tani yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Gede – Pangrango dan Taman Nasional Halimun – Salak.

Sejak tahun 2006, Poros Jabar mencoba membantu kelompok tani dalam memasarkan produknya supaya tercipta kemandirian secara ekonomi.

Kerjasama pendampingan dilakukan dengan tujuan para petani dalam melakukan pemasaran produknya dapat dilakukan tidak secara individual lagi yang dapat menyebabkan tengkulak dapat memainkan harga di tingkat petani.

Selain itu, diharapkan kendala yang dimiliki para petani, seperti produktivitas yang rendah, permodalan dan teknologi paska panen yang minim, serta akses informasi pasar yang terbatas dapat diatasi dengan bekerjasama dengan Poros Jabar, yang diharapkan nantinya para petani menjadi mandiri dan memiliki kemampuan/daya tawar yang baik.


Bersama Perkumpulan Telapak, Poros Jabar mendampingi kelompok tani melalui pembangunan kelembagaan ekonomi yang adil dan transparan dalam bentuk sebuah koperasi. Selain itu, diharapkan dengan adanya koperasi maka akan terbangun kapasitas setiap petani dalam melakukan perencanaan produksi bersama, serta memperbaiki sistem pengolahan paska panen sehingga mendapatkan standar kualitas produk yang maksimal.






16 December 2008

Kumis Kucing Organik Dari Ciwaluh

12/16/08 2:14PM
Akhirnya hasil yang ditunggu-tunggu pun tiba. Hasil uji Laboratorium Control Union di Rotterdam menunjukkan bahwa Kumis Kucing Ciwaluh benar-benar BEBAS dari Residu Pestisida dan Pupuk Kimia. Hasil penilaian sistim produksi, pergudangan dan sistem administrasi juga dinyatakan lulus ORGANIK oleh Control Union.

"Kumis Kucing Ciwaluh benar-benar BEBAS dari Residu Pestisida dan Pupuk Kimia"
Sertifikat Organik yang diimpikan oleh masyarakat Ciwaluh akhirnya benar-benar menjadi kenyataan. Proses sertifikasi ternyata lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Apabila diawal proses sertifikasi diperkirakan akan selesai dalam waktu 3 sampai 5 bulan, ternyata proses tersebut selesai dalam waktu 2,5 bulan saja. Saat ini Sertifikat tersebut masih berstatus “Inconversion” sampai Control Union melakukan inspeksi tahap kedua yang akan dilakukan pada bulan Januari 2009. Setelah inspeksi kedua tersebut status sertifikak akan berubah menjadi “Organik”.

Sertifikat Organik Ciwaluh ini terdaftar atas nama PT Poros Nusantara Utama. Perusahaan ini merupakan induk dari Koperasi Tanaman Obat Jawa Barat tempat kelompok tani Ciwaluh bergabung. Saat ini Koperasi Tanaman Obat Jawa Barat memiliki 4 kelompok tani, yaitu di Ciwaluh, Bedogol, Tapos dan Karyasari. Setelah Ciwaluh, Kelompok tani di Karyasari dan Tapos telah siap untuk melakukan uji Organik Kumis Kucing tahap berikutnya. Uji Organik ini menurut rencana akan dilakukan pada awal tahun 2009. Kedua tempat telah mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Mereka sangat yakin akan memperoleh sertifikat Organik seperti rekannya di Ciwaluh mengingat cara bertani mereka sama dengan yang dilakukan oleh kelompok tani Ciwaluh.



Artikel oleh : Hendaru Djumantoro

Koperasi Tanaman Obat Jawa Barat bersama Telapak bekerja dikampung Ciwaluh, didukung oleh HPSP (Holticultura Partnership Support Programme) dan Japan Enveronmental Education Forum (JEFF)

No comments: